⇒ Visi Program Studi Teknik Pertanian Universitas Sam Ratulangi adalah :

Menjadi program studi yang unggul dalam pengembangan teknik pertanian dan biosistem berbasis sumber daya lokal dengan orientasi internasional pada tahun 2020

⇒ Misi Program Studi Teknik Pertanian Universitas Sam Ratulangi :

  • Menyelenggarakan program pembelajaran yang berkualitas dimaksudkan untuk peningkatan kualitas program Pendidikan, mulai dari proses perencanaan, penyelenggaraan/implementasi, pelaporan, monitoring, dan evaluasi melalui standar terukur terhadap tahap masukan (input), proses (process), hasil (output), dan dampak (outcomes). Sehingga menghasilkan lulusan yang berbudi luhur, unggul dan berdaya saing.
  • Meningkatkan secara berkesinambungan kemampuan dan pengalaman penyelenggaraan program penelitian, dengan mengembangkan Inovasi dalam Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni-Budaya yang berorientasi Kawasan Wallacea, dimaksudkan untuk peningkatan daya saing melalui penguasaan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan inovasi teknologi yang memiliki relevansi dengan posisi geografis kawasan di mana Program Studi  Teknik Pertanian berada.
  •  Meningkatkan secara berkesinambungan kemampuan dan pengalaman penyelenggaraan pengabdian pada masyarakat yang unggul dan berdaya saing, dengan meningkatkan Akses dan Peran Program Studi bagi peningkatan Taraf dan Kualitas hidup Masyarakat.
  • Meningkatkan kerjasama dan kemitraan dengan perguruan tinggi, industri, pemerintah, swasta dan masyarakat, di tingkat daerah, nasional dan internasional dalam mendukung pelayanan dan menghasilkan produk IPTEKS yang bermutu, berdaya saing dan ramah lingkungan.