Membawa Mahasiswa Magang 3 sks ke- BPDASHL TONDANO

Membawa Mahasiswa Magang 3 sks ke- BPDASHL TONDANO

Senin 07 Oktober 2024- Program Studi Agroteknologi membawa 3 mahasiswa semester 7  untuk magang di Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung, Tondano (BPDASHL )  selama 1 bulan. Lembaga ini memiliki peran penting dalam pengelolaan sumber daya air, menjaga kelestarian hutan, serta mengendalikan erosi dan sedimentasi di daerah aliran sungai Tondano.

Pelaksanaan program magang 3 sks ini di dukung penuh oleh Koordinator Program Studi Agroteknologi Dr. Ir. Sofia Wantasen, M.Si, oleh karena itu beliau menugaskan dosen program studi agroteknologi; Dr. Ir. Deflly A.S. Turang, M.Si dan Melisa Todingan, S.P., M.Sc serta tenaga pendidik Aneke Paulus, SE, untuk mengantarkan mahasiswa di BPDASHL, Tondano.

Tujuan magang ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh di bangku kuliah secara langsung dalam lingkungan kerja yang nyata. Adapun ketiga mahasiswa semester 7 yang mengikuti magang 3 sks yaitu: Ulrich Umboh, Sara Roesli dan Balgis Makalalag. Ketiga mahasiswa ini memilih magang di BPDASHL  adalah untuk belajar berbagai kegiatan yang dilakukan oleh BPDASHL, Tondano, seperti rehabilitasi hutan, pengawasan pemanfaatan sumber daya air, dan penyuluhan kepada masyarakat.Tondano.

Dalam kaitannya dengan bidang pertanian magang di BPDASHL, Tondano membantu untuk mengajarkan mahasiswa tentang teknik-teknik konservasi tanah seperti terasering, penanaman tanaman penutup tanah, dan reboisasi. Ini sangat penting untuk mencegah erosi yang dapat merusak lahan pertanian, pengelolaan tata air, irigasi, dan drainase yang baik. Ini sangat penting untuk memastikan ketersediaan air yang cukup bagi pertanian, rehabilitasi lahan kritis yang dapat digunakan kembali untuk pertanian dan belajar tentang penerapan prinsip-prinsip pertanian berkelanjutan seperti agroforestri, pertanian organik, dan diversifikasi tanaman.

 

SUKSES UNTUK KETIGA MAHASISWA PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI YANG MENGIKUTI MAGANG 3 SKS
1. Ulrich Umboh
2. Sara Roesli
3. Balgis Makalalag.

Dokumentasi Magang 3 sks_BPDASHL Tondano